Kamis, 12 Januari 2017

Defnisi, Object, dan Metode Sejarah Pendidikan Islam



Pengertian Etimologis
Sejarah : 
(1) Asal-usul, (keturunan), silsilah
(2) Kejadian peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau
(3)Pengetahuan atau uraian tentang peristiwa dan kejadian yang benar-benar terjadi pada masa lampau
Pendidikan : Proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Proses, cara, perbuatan mendidik
Islam : Ajaran yang diajarkan oleh nabi Muhammad SAW, berpedoman pada kitab suci Al-qur’an yang diturunkan kedunia melalui wahyu Allah SWT
Pengertian Terminologis
Keterangan mengenai pertumbuhan dan perkembangan pendidikan islam dari satu waktu kewaktu yang lain,sejak zaman lahirnya islam sampai masa sekarang.
Cabang ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan pertumbuhan dan perkembangan pendidikan islam, baik dari segi ide dan konsepsi maupun dari segi intuisi dan operasionalisasi, sejak zaman nabi Muhammad SAW - sekarang
Object  Sejarah  Pendidikan  Islam
Object sejarah pendidikan islam mencakup data-data empiris yang dapat dilacak dalam sejarah, baik karya tulis,peninggalan berupa lembaga maupun pendidikan dengan berbagai aspeknya
Metode Sejarah  Pendidikan Islam
Deskriptif :
Menjelaskan dan menguraikan sebagai mana adanya ajaran-ajaran islam yang dibawa nabi Muhammad SAW, dalam al-qur’an dan hadist yang berhubungan dengan pendidikan yang tujuannya memahami ,maknanya .
komparatif :
Membandingkan ajaran-ajaran islam itu dengan fakta-fakta yang terjadi dan berkembang dalam kurun waktu waktu dan tempat tertentu sehingga dapat diketahui adanya garis menghubungkan dengan pendidikan lainnya
sintetis :
Perpaduan (campuran) berbagai hal, baik dalam sistem pendidikan islam maupun sistem pendidikan lainnya, tujuannya agar kerangka penulisan sejarah pendidikan islam bersifat utuh dan lengkap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar